Minggu, 28 Oktober 2018

Donor Darah (PMI Banda Aceh)

Donor darah, kata ini pasti udah gak asing lagi ditelinga kalian kan? 

Saat mendengar kata donor darah hal kalian bayangkan pasti jarum, dan darah yang akan diambil dari seorang penyumbang/pendonor.

Sebenarnya donor darah itu apa sih?




Donor Darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela yang kemudian darah tersebut akan disimpan di UUD PMI / Bank darah kemudian digunakan untuk orang lain yang membutuhkannya.

Apa aja sih syarat untuk mendonor?

Untuk dapat mendonor darah biasanya pendonor akan mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu dan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1. Sehat Jasmani dan Rohani (biasanya dokter yang memeriksa akan memberikan pertanyaan tentang bagaimana kondisi tubuh dari pendonor, apakah pendonor memiliki penyakit atau sedang minum obat tertentu?)

2. Calon penyumbang harus berusia 17-65 tahun (Nah... donor darah ini cocok untuk kalian yang baru dapat ktp, yeayy.... bisa dapat pengalaman baru nih)

3. Berat badan minimal 45 Kg (buat kalian yang belum memenuhi berat badan minimal bersabar dulu ya... penuhi kebutuhan gizi tubuh kalian dulu baru kemudian membantu orang lain, walaupun belum bisa donor tapi kalian sudah memiliki niat yang sungguh mulia untuk membantu orang lain).

4. Kadar hemoglobin >12,5 gr% sampai dengan 17,0 gr% (diperiksa sama dokternya)

5. Tekanan darah (sistol) 100-170 mmHg dan (diastol) 70-100 mmHg

6. Suhu tubuh antara 36,6 - 37,5 Derajat Celcius

7. Tidak mengalami gangguan pembekuan darah (Hemofilia)

8. Denyut nadi antara 50-100 kali/menit

9. Rentang waktu penyumbang minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (meskipun katanya sekarang sudah boleh donor 2 bulan 1x tapi hati-hati juga ya takutnya kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda)




Buat kalian yang pengen coba donor darah untuk yang ada disekitar banda aceh bisa langsung ke markas PMI Banda Aceh, atau kalian bisa juga ikut kegiatan donor darah yang dibuat sama PMI, biasanya di event event kota banda aceh atau di saat ada kegiatan kampus di sekitar kalian. Dijamin gak sakit kok... cuma kayak digigit semut aja, terus kalian akan dikasih ini:




Dapat snack, susu, air, gantungan, tiket doorprize, dan yang paling penting dapat pahala. Jadi jangan takut untuk donor lagi ya... Tips yang mau donor tidur yang cukup, sedang tidak menstruasi, dan kalau bisa minum jus guava biar Hb nya naik guys....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar